Home
Back
Info Dharma
Galleria

Sekilas Tentang Titik IM-YANG
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual Bagian XI : Wisnu Prakasa")

Didalam gambar Im-Yang,
        dibagian IM ada setitik YANG,
              dan sebaliknya dibagian YANG ada setitik IM.

Demi kebenaran Dharma Mulia,
    biarlah saya menjadi titik putih (YANG)
    di dalam kegelapan ini.

 

Salah satu makna yang terkandung, dari kedua titik ini adalah menjelaskan, Seburuk-buruknya suatu kondisi, tetap  masih akan ada kebaikannya, walaupun hanya kecil sekali. Dan, sebaik-baiknya suatu kondisi, tetap masih ada keburukannya, walau sangat kecil sekali.

 

Seburuk-buruknya kondisi,
tetap masih ada kebaikan walau hanya kecil sekali.

Hal ini menjelaskan bahwa kehidupan di alam tumimbal lahir, merupakan suatu keadaan dan kondisi yang sangat tidak menguntungkan dan sangat tidak baik. Tetapi sebagai mahluk yang terlahir di alam penderitaan tumimbal lahir ini, kita jangan berputus asa. Berkah welas asih dari para mahluk suci yang tanpa batas, merupakan setetes air penyejuk di dalam penderitaan dialam tunimbal lahir ini.

Bila kita dapat memahami setetes air penyejuk ini, adalah bukan hal yang mustahil kita akan dapat menemukan sumber mata air yang sebenarnya. Pencapaian ini yang dikenal oleh oleh para umat Bunda Mulia, sebagai Kelahiran di Sorga Danau Biru. Pencapaian ini memang sangat sulit sekali, tetapi Pencapaian ini adalah pasti dan benar karena telah terbukti sejak ribuan tahun yang lampau telah banyak para Master Spiritual yang mencapai tingkat mahluk suci tanpa batas.

Pencapaian Spiritual Para Mater yang sedemikian Agung dan Suci, merupakan jerih payah dan usaha mereka yang dimulai dari  titik awal yang tampak sangat kecil dan tampak tidak berarti bagi mahluk lainnya. Tetapi titik awa kecil ini, terus dikembangkan dengan tekun, sehingga dapat menghasilkan Pencapaian Spiritual tinggi.

 

Sebaik-baiknya suatu kondisi,
tetap masih ada keburukan walau sangat kecil sekali.

Walau para mahluk telah menemukan setitik kecil dari kondisi buruk, dan telah membinanya menjadi kebaikan yang tidak terhingga. Para mahluk yang telah mencapai suatu keadaan dan kondisi yang sangat baik, untuk jangan menjadi lupa diri dan sombong, karena satu keburukan yang sangat kecil sekalipun, jika tidak diwaspadai, akhirnya akan menghancurkan segala kebaikan yang ada. Inilah alamiah salah satu makna, dari perlambangan dua titik kecil IM-YANG.

Sebelum mereka mencapai tingkat Kesempurnaan Agung Sejati, para pembina kehidupan spiritual tidak boleh lengah sedikit akan segala keterperdayaan. Bahkan di dalam ajaran pembinaan spiritual, kadang masih tersimpan kendala yang tersembunyi. Kendala ini timbul, bukan bagian dari intisari ajaran, tetapi disebabkan oleh alamiah diri sendiri dan keadaan seperti yang digambarkan oleh bagian gambar IM. Walau bagian gambar IM merupakan bagian putih, tetapi alamiah keadannya yang menimbulkan adanya titik kecil hitam (YANG).

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.